let’s relax…

seberapa nyaman anda dengan diri anda? nyaman yang dimaksud disini adalah anda berada dalam kondisi relaks dan tenang. yaitu mampu tetap merasa nyaman dalam berbagai kondisi dengan tuntutan yang harus dipenuhi dalam hidup, ini bukanlah hal yang mudah tetapi bukanlah hal yang mustahil.

semakin bertambah usia, semakin banyak kewajiban yang harus dilakukan dan semakin banyak pula tuntutan yang harus dipenuhi. orang mendambakan keadaan relaks karena ada ketegangan yang merusak ketentraman. rasa cemas, khawatir, gelisah kemudian stress merupakan akibat lanjutan. banyak hal yang orang lakukan (baik positif maupun negative) untuk melawan stress agar mendapatkan kondisi relaks. beberapa orang senang mengunjungi pusat-pusat perawatan tubuh yang menawarkan berbagai macam program pijat dan spa, ada yang menyalurkan ketegangan dengan berlatih yoga ataupun olah tubuh lainnya, ada yang meredakan stress dengan cara berkumpul dan bersantai dengan teman-temannya setiap akhir pekan, ada juga yang mengatasi stress dengan beribadah, tak sedikit pula yang mengatasi stress dengan berbelanja sebanyak-banyaknya, bahkan ada yang melarikan diri ke minuman keras dan obat-obatan terlarang. semua itu dilakukan untuk melawan, meredakan, bahkan menghindari stress.

dalam buku “hidup sehat dan seimbang dengan yoga” karangan pujiastuti sindhu menyebutkan “stress merupakan reaksi alami tubuh yang timbul saat bahaya atau sesuatu yang mengganggu muncul dari luar”. ia merupakan sinyal “hadapi – atau – lari” (to fight or to flight) yang muncul saat stressor (penyebab stress) mulai mendekat. stressor dapat berupa hal-hal kecil; seperti telpon yang terus menerus berdering hingga hal-hal yang mengancam jiwa; seperti kecelakaan lalu lintas.

saat menghadapi bahaya, kelenjar adrenalin di dalam tubuh akan bereaksi dan menimbulkan sensasi serupa sakit perut, yang kemudian akan mengeluarkan hormone adrenalin yang akan terpompa ke aliran darah dan terkirim ke otak. kemudian, otak akan merespon dengan mengeluarkan hormone kortisol yang dikenal sebagai hormone stress. tingginya kadar kortisol di dalam darah atau stress yang akan menimbulkan gejala seperti otot tubuh menegang, telapak tangan berkeringat, mata membelalak tegang, serta jantung berdebar kencang.

namun dari beberapa jenis stress, ada juga stress yang positif, dan stress jenis ini dapat menjadi motivasi yang baik agar kita mampu berkembang secara mental dan melampaui segala keterbatasan.

walaupun stress tidak dapat dikategorikan sebagai penyakit, efek stress sangat mempengaruhi kesehatan yang akhirnya juga dapat mengakibatkan penyakit.

relaksasi juga dirasakan sebagai salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi stress. relaksasi bermanfaat menurunkan kadar adrenalin, memperdalam nafas, menenangkan jantung, menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot tubuh, dan mengaktifkan kembali system tubuh agar lebih kuat saat menghadapi penyakit. mempelajari cara relaks juga sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan tetap tenang saat menghadapi kesulitan. bersikap selalu relaks dan tenang akan membuat kita lebih memegang kendali hidup. dan, sangat baik apabila relaksasi tidak dimaksudkan untuk melarikan diri dari masalah, tetapi untuk mempersiapkan kembali tubuh, pikiran, serta mental agar lebih segar dan siap menghadapi tantangan dalam hidup.

yoga mengajarkan bahwa kondisi alami manusia adalah dalam keadaan tenang. lima prinsip yoga mendukung hal tersebut, yaitu :
• berlatih dengan teratur. postur yoga membantu meregangkan dan membina otot, serta menguatkan tulang dan melenturkan sendi. postur yoga menstimulasi pengeluaran hormone endorphin – the feel good hormone – yang menciptakan rasa nyaman pada tubuh.
• bernapas dalam. teknik pernapasan yoga penuh, meningkatkan kapasitas paru-paru agar proses bernapas menjadi lebih optimal. teknik-teknik pernapasan dalam pranayama (olah napas) juga membantu menguatkan organ tubuh internal, meningkatkan control emosi, dan memberikan sensasi relaks yang dalam.
• pola makan seimbang. pola makan yang seimbang dan sehat akan meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh, melancarkan proses alami pencernaan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan menenangkan pikiran.
• beristirahat cukup. menjaga ritme yang seimbang antara bekerja dan beristirahat akan mempertahankan tubuh dalam keadaan yang selalu prima.
• berpikir positif dan meditasi. berlatih postur yoga yang disertai pranayama dan meditasi akan memurnikan diri dari pikiran dan emosi negative, serta meningkatkan rasa percaya diri. meditasi akan membimbing pikiran untuk lebih dalam masuk ke realisasi diri yang merupakan tujuan tertinggi dalam berlatih yoga.

yoga sendiri mempunyai sembilan bentuk aliran yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus para yogi (praktisi yoga), yaitu jnana yoga, karma yoga, bhakti yoga, yantra yoga, tantra yoga, mantra yoga, kundalini yoga, hatha yoga, raja yoga.

dalam beberapa prakteknya, aliran yoga berkaitan erat dengan pembacaan mantera – mantera dan meditasi (mantra yoga) yang menyatukan diri manusia dengan tuhannya. mengingat yoga merupakan system kesehatan menyeluruh yang terbentuk dari kebudayaan india kuno sejak 3.300 sm sehingga pembacaan mantera (doa) menggunakan kepercayaan yang berkembang pada saat itu yaitu agama hindu. hal inilah yang membuat yoga diharamkan oleh majelis fatwa kebangsaan malaysia (mfkm).

yoga sebagai salah satu gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan, hanyalah satu dari sekian olah tubuh atau olah energi yang berkembang dengan background religius atau mistis. sebutlah taichi dan reiki yang berasal dari kebudayaan budha atau prana, silat, tenaga dalam yang berasal dari kebudayaan melayu. .

semua olah tubuh dan olah energi ini punya peluang untuk membuat akidah atas kepercayaan yang kita yakini menjadi goyah selama kita tidak tahu batasan-batasannya. selama tujuannya adalah untuk olahraga dan demi kesehatan tubuh…well, ini syah-syah aja.

yah, intinya apapun jenis relaksasi yang anda gemari…pastikan itu adalah hal yang positif dan bermanfaat serta tidak bertentangan dengan keyakinan anda…

8 Comments (+add yours?)

  1. opreker
    Dec 23, 2008 @ 09:37:37

    Nice …. tapi seimbang gak yach penjelasannya ?? heheheh ….

    Reply

  2. Trackback: Opreker’s Blog
  3. serendipity55
    Dec 23, 2008 @ 11:48:05

    iya neh, waktu nulis ga pake timbangan seh….hehehe… ^o^
    silahkan ditambahin timbanganx…more knowledge for me…

    Reply

  4. Trackback: Tenaga Dalam, Prana, Reiki, Yoga (sebuah pembahasan singkat) « Opreker’s Blog
  5. johnny
    Dec 30, 2008 @ 20:51:49

    6y919T Thanks for good post

    Reply

  6. serendipity55
    Dec 31, 2008 @ 07:44:26

    thanks for ur all response…🙂

    Reply

  7. Super Bimo
    Jan 15, 2009 @ 12:50:48

    Menurut penerawangan Abah, yang perlu ditelaah sebenarnya adalah bagaimana menikmati stress… atau bagaimana mengolah dan menyalurkan stress menjadi energi…

    kalau ini telah ditemukan… saya yakin stress akan menjadi sebuah komoditi… layaknya mungkin adrenalin-pumper di jaman ini…

    Pertanyaannya, mungkinkah ini terjadi? atau apakah Abah sudah mulai ngaco? Nah, kalo itu, terserah persepsi anda…

    *kabur pelan-pelan*

    Reply

  8. serendipity55
    Jan 16, 2009 @ 07:56:28

    hmm, boleh juga tuh…😉

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: