rahasia umum

Alhamdulillah, hari jum’at tiba penuh dengan keberkahan-Nya. Semoga kita tergolong orang-orang yang pandai bersyukur.

Berawal dari sebuah ketertarikan tentang hukum daya tarik-menarik yang dibahas dalam buku “the secret” dan “quantum ikhlas”, menggugah hati saya untuk merenungkan kebenaran-kebenaran yang sebenarnya telah tersirat dan tersurat dalam Al Qur’an dan dalam ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW berabad-abad yang lalu.

Keterbatasan dalam memaknai isi buku dan kelemahan dalam pengetahuan penafsiran Al Qur’an dan Hadist membuat saya belajar banyak.

Fenomena film dan buku “the secret” by Rhonda Bryne dan “quantum ikhlas” by Erbe Sentanu membawa saya ke perjalanan spiritual lebih dalam untuk memahami bagaimana keyakinan bekerja dalam kehidupan. Beberapa pertentangan tentang isi buku “the secret” juga perlu dilakukan untuk menyaring hal-hal manakah yang berkenaan dengan ajaran islam, hal ini juga dibahas oleh bloggers lainnya mulai dari madurejo hingga si Naga (shionya naga bo!) atau buku siap launching karya Mas Rusdin, secara deskriptif-analitik menambah referensi saya untuk terus belajar dan memahami hakikat sebenarnya.


Beberapa waktu yang lalu, saya juga menuliskan sekilas tentang daya tarik-menarik dengan ala kadarnya dan terkesan sangat subyektif. Menariknya, tulisan ini mendapat beberapa komentar, hingga menjadi sebuah diskusi yang sangat alot. Saya sangat menghargai perbedaan pandangan mengenai tulisan tersebut karna “kesan subyektif” dalam beberapa statemen yang saya berikan lebih kepada apa yang saya rasakan dan alami tentang proses daya tarik menarik tersebut.

Mengenai ayat-ayat yang dijadikan hujjah, merupakan masukan yang sangat berarti bagi saya (thanks bang Opreker…) untuk selalu melihat konsep makna ayat tersebut secara keseluruhan…tak hanya dari 2,3 ayat yang mengikuti sebelum dan sesudah ayat tersebut tapi juga harus memastikan sejarah dan tujuan mengapa ayat itu diturunkan berkenaan dengan peristiwa saat diturunkannya dan kepada siapakah ditujukan. Tak hanya demikian saja, bahkan penafsirannya juga dapat ditinjau dari gaya bahasa, tata bahasa, hukum dan ilmu pengetahuan mengingat kompleksitas masalah yang dihadapi.

Saya semakin sadar, semakin banyak yang kita telah pelajari semakin banyak yang perlu kita ketahui dan pahami dalam hidup ini. Semoga Allah SWT menjaga kita untuk selalu dijalan-Nya dan semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam setiap ikhtiar kita. Amin…

6 Comments (+add yours?)

  1. opreker
    May 09, 2008 @ 06:55:25

    aduh aku suka banget dech postingan kamu (as usual dech🙂 )

    untuk comment-nya udah ada di link ini http://opreker.wordpress.com/2008/05/09/sebuah-diskusi-tentang-“kedekatan”-manusia-dengan-allah-bagian-dua/

    Reply

  2. rusdin
    May 10, 2008 @ 01:13:10

    terima kasih mba udah mau mencantumkan nama saya. semoga buku saya Quranic law of Attraction segera menginspirasi banyak orang dan menjadi salah satu pendorong untuk meningkatkan kedekatan kita dengan Allah.

    Reply

  3. serendipity55
    May 14, 2008 @ 09:54:43

    @opreker
    makasih, keep alert…

    @rusdin
    u’re welcome… semoga bukunya bisa dengan mudah didapatkan di toko buku di kota saya…

    Reply

  4. F. I. Ilyas
    May 20, 2008 @ 23:45:09

    Terima kasih juga telah mencantumkan buku saya…

    Semoga buku saya ini tidak dipinjam orang dan lupa dikembalikan…

    Reply

  5. Choosy
    Jun 20, 2008 @ 18:26:34

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Choosy!!!

    Reply

  6. rusdin
    Jan 21, 2009 @ 13:57:56

    Alhamdulillah, teman-teman telah terbit buku terbaru saya: “Keajaiban 9 Sunah Rasulullah: Cara Tercepat Menjadi Kaya dan Bahagia.” lihat di http://rusdin.wordpress.com

    Reply

Leave a Reply

