success actually

Ketika ditanya mengenai sukses, jawaban yang muncul biasanya, sukses adalah berhasil. Sukses adalah tercapainya tujuan. Atau jawaban yang sedikit panjang, sukses adalah berhasil meraih kebahagiaan, mendapatkan apa yang diidamkan dan ketenangan hati.

Bagi kita yang pernah mengalami kesulitan ekonomi, atau pada dasarnya dididik mencari uang misalnya, maka jawaban yang muncul adalah sukses sama dengan banyak uang alias kaya.

Pengertian sukses banyak macamnya, tergantung latar belakang dan tujuan hidup masing-masing orang. Sukses bagaimanakah yang kita cari?

Surah Al Baqarah ayat 155 berikut ini menyatakan dengan jelas adanya kecenderungan karakter manusia akan materi…Artinya : ‘Dan sungguh akan kami berikan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar’

Dalam sebuah penafsiran menegaskan adanya indikasi dari ayat tersebut bahwa ‘pada dasarnya’ keinginan manusia adalah adanya ketenangan diri (rasa aman), rasa kenyang, dan banyak harta.

Ayat ini pula menjadi rumus bagaimana menyikapi hidup, rumusnya adalah apabila ada sesuatu yang kita inginkan, maka cobaan takkan jauh dari hal itu. Misalkan kita ingin kaya, maka cobaannya adalah kemiskinan, susah mencari uang, paling tidak kita harus bersusah payah mendapatkan uang. Atau misalkan kita ingin mendaki gunung ke puncak gunung maka kita harus melewati jalanan dan tebing yang terjal selama beberapa hari untuk menempuhnya hingga mencapai ke puncak. Ujian, tantangan dan dinamika kehidupan akan menjadi bagian dari proses pencapaian tujuan.

Yang terpenting adalah bagaimana memaknai sukses tersebut. Jangan sampai keliru, misalnya menempuh segala macam cara dan tujuannya hanyalah untuk menyombongkan diri, bersenang-senang atau memuaskan ego.

Munculkan konsep-konsep jitu yang berkaitan dengan sukses. Satu hal yang harus kita tekankan bahwa sukses tidak hanya memiliki pengertian berhasil atau tercapainya tujuan. Ia lebih dari itu.

Ada satu pendapat menarik tentang sukses hidup. “ Sukses adalah sebuah proses, dan sebagai efeknya, atau akibatnya berupa kekayaan. Namun kekayaan itu bukanlah tujuan.

Jadi fokus utama yang ingin dicapai adalah mengerjakan manfaat, menebar manfaat. Bukankah orang-orang yang menciptakan lapangan pekerjaan (pengusaha) memberikan manfaat bagi orang-orang yang mencari nafkah dari bekerja?Jika kita berpikir tentang asas manfaat dalam tujuan kita maka akan melibatkan kemaslahatan orang banyak, sehingga yang kita lakukan untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Adapula orang yang berpendapat, sukses adalah berhasil meraih kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Meski tawaran ini terkesan sufistik, namun bukan berarti materi menghalangi seseorang mencapai makna sukses yang hakiki. Karena pada kenyataannya ada orang yang merasakan kebahagiaan dan ketenangan hati adalah orang kaya. Dan ia tidak khawatir akan rasa takut, lapar dan menjadi miskin.

Atau seorang pejabat merasa bahagia dan tenang dalam menjalani jabatan yang ia dapatkan secara bersih dan layak. Sementara ia tidak khawatir akan kehilangan jabatan tersebut. Inilah yang kemudian dapat kita katakan, kekayaan atau jabatan itu mengandung nilai barokah, rahmat dan ridha Allah Swt.

Barokah artinya manfaat lebih yang bersifat ilahiyah untuk orang lain. Rahmat artinya kebaikan yang dimiliki, seperti kesehatan, jabatan, harta dan lain-lain yang melahirkan kebaikan dan kasih sayang sesama manusia. Dan ridha Allah artinya mendapatkan cinta dari Allah Swt. Sehingga dapat kita katakan, sukses adalah berhasil meraih kebahagiaan dan ketenangan hati yang disinari oleh barokah,  rahmat dan ridha Allah Swt.

Semoga kita menjadi orang sukses…Amin. 

Khalifah, Sya’ban 1428 H oleh Firdaus Ms

edited by serendipity

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: