alhamdulillah

Selamat hari jum’at…

Hari yang diutamakan diantara para hari. Hari didengarkan dan makbulnya doa-doa. Lebih istimewa lagi hari jum’at ini adalah jum’at dalam hitungan 10 muharram, waktu bersejarah disempurnakannya penciptaan langit dan bumi. Semoga di sekian jum’at dan muharram ini kita lebih memelihara diri untuk menjadi umat yang rahmatan lil alamiin..Amin.

Banyak hal-hal yang diinginkan dan tidak diinginkan terjadi dalam kehidupan kita. Entah direncanakan atau tidak direncanakan. Kadang hal yang diinginkan bukanlah kebutuhan kita, begitu pula hal yang tidak diinginkan kadang adalah kebutuhan kita.

Hidup terus memberi hal-hal yang mengejutkan meskipun akhirnya kita terbiasa dengan semua itu. Hal ini membuat kita kadang kurang mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan. Kita terbiasa mempunyai kaki yang kuat berjalan, kita terbiasa dengan mata yang dapat melihat, kita terbiasa dengan pendengaran yang jelas, kita terbiasa dengan lengkapnya jasmani dan kesehatan yang kita miliki, dan begitu banyak rahmat dan nikmat dariNya.

Rasa syukur cenderung muncul setelah kita terlepas dari kesusahan atau kesulitan. Syukurpun kita haturkan ketika kita menerima rejeki dalam bentuk materi. Namun sayangnya, syukur itu sendiri kadang kita hanya wujudkan dalam ucapan tanpa tindakan yang benar-benar mencerminkan bahwa kita telah dilebihkan dan perlu membagi kelebihan itu.

Ketika kita dilebihkan dengan nikmat materi kita enggan memberi, ketika kita sehat kita enggan melakukan hal-hal yang bermanfaat, ketika kita diberi pengetahuan yang cukup kita enggan berdakwah, ketika kita dimudahkan enggan memudahkan jalan orang lain.

Manusia menerima banyak dariNya. Hidup membutuhkan keseimbangan, that’s way ada kata ‘take and give’ (menerima dan memberi), namun lebih baik lagi jika kita dapat memberi dan menerima. Konsep memberi dan menerima lebih islami karna kita akan selalu lebih mulia jika tangan kita diatas daripada dibawah. Memberi adalah sebuah kewajiban dan menerima adalah sebuah konsekuensi namun tidak mutlak sebab sebagai muslim hanya rahmat dan ridho yang kita harapkan dari Allah SWT.

Bersyukur dan berbuat sesuatu atas limpahan pemberianNya adalah bagian dari tanggung jawab manusia sebagai khalifah dimuka bumi.

Jadi, sudahkah kita bersyukur hari ini dan apa yang telah kita lakukan dengan limpahan nikmat dan rahmat yang diberikannya?

Semoga limpahan rahmat dan kemudahan dalam segala urusan beserta kita sekalian dan semoga kita adalah umat yang selalu ingat bersyukur. Insya Allah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: