ngantri minyak di daerah kaya minyak

Apa Rp 12.000 per liter? sambil membelalakkan mata dan nyaris teriak, seorang wartawan Tribun Kaltim mengangkat kisah pribadinya menjadi angle dalam beritanya. Ia hampir tak percaya mendengar harga bensin yang melambung hingga 70 persen dari penjual bensin eceran.

Tak kalah sengitnya di tempat pengisian oli dan minyak resmi, pengendara bermotor baik roda dua maupun roda empat mengantri hingga 1 km lebih. Bahkan senin pagi kemarin antrian sudah panjang sejak subuh, tapi hingga jam 8 teng, pom pertamina itu belum juga buka. Fiuh cape deh….

Kelangkaan ini tidak semestinya terjadi di daerah yang notabene dikatakan sebagai salah satu penghasil minyak terbesar dunia. Dari sumber yang dapat dipercaya sebenarnya saat ini pun minyak dan gas dari bumi lamin etam ini masih available sampai 10 dan 20 tahun kedepan (bukan waktu yang lama lagi). Namun paling nggak, seharusnya bahan bakar ini masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.Pemberlakuan pembatasan dan pengurangan jatah pembelian bensin dari pemerintah bagi para pengguna kendaraan bermotor membuat bensin menjadi barang langka.

Hal ini merupakan imbas dari naiknya harga minyak mentah dunia dan pengurangan subsidi pemerintah kepada masyarakat. Sekali lagi kita harus siap dengan pertumbuhan inflasi menyambut penghujung tahun ini. artinya…barang-barang semakin mahal dan nilai uang semakin kecil, rakyat kecil semakin tertindas.

Terlalu idealis untuk mengatakan bahwa semua ini adalah akibat permainan politik dunia dan masyarakat kecil adalah korban-korbannya. Inilah dunia, inilah kenyataan. Tak ada yang kekal kecuali perubahan. Sudah menjadi fitrah bahwa segala sesuatu di dunia ini terus bergerak. Pertanyaannya ‘apakah kita bisa mengikuti pergerakan dan perubahan itu? Apakah kita sebagai penggerak perubahan itu? Ataukah kita sebagai pion-pion yang digerakkan dan tak bisa berbuat apa-apa ketika mereka mengatakan ‘skak mat’? Maukah kita memikirkannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: