ibu

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Muhammad Saw, ‘ Ya Rasulullah, kepada siapakah kami harus berbakti?’. ‘Ibumu’ jawab Rasulullah. Lalu kepada siapakah kami berbakti? ‘Ibumu’ jawab Rasulullah. Masih dengan pertanyaan yang sama, Rasulullah menjawab dengan jawaban yang sama pula hingga tiga kalinya. Kemudian sahabat bertanya ke-empat kalinya, barulah rasulullah menjawab ‘ayahmu’.

Kita sudah terbiasa mendengar kata-kata ‘surga di bawah telapak kaki ibu’ tapi benarkah kita benar-benar telah berbakti kepada ibu. Ibu, kadang diri ini terlalu egois untuk mengatakan betapa berartinya ibu dalam kehidupanku.

 

Kadang aku kurang berterima kasih atas jerih payah yang kau lakukan. Terlalu terbiasa dengan perhatian dan mengeneralisasi itu adalah tugas seorang ibu. Ibu, kau selalu kuat dan tanggguh menghadapi cobaan hidup ini. Kesabaran dan kelembutanmu menyejukkan ku. Ibu, maafkan jika aku kurang mengerti tentang dirimu, karna masa-masa yang berat kau lalui membuatmu kadang terlalu keras kepadaku. Aku memaafkanmu, Ibu… maafkan aku juga.

Ibu, maafkan aku yang belum bisa berbuat banyak untukmu. Terima kasih karna ibu telah bersusah payah mengandungku, menyapihku, dan membesarkanku… terima kasih atas setiap setiap tetes keringat dan air matamu. Terima kasih atas setiap harapan dan doamu.  Ya Allah panjang umurkanlah orangtua ku agar aku bisa berbakti dan membahagiakan mereka. Saat mereka hidup adalah kesempatan bagi ku untuk membuat mereka berbahagia meskipun semua itu tak bisa membalas kebaikan mereka kepadaku. I love you, Mom 

2 Comments (+add yours?)

  1. serendipity55
    Jan 18, 2008 @ 09:43:01

    Terima kasih Ya Rabb,
    karna kau panjangkan umur kedua orang tuaku…
    dan beri aku kesempatan untuk mengisi dan memberi arti.

    Reply

  2. serendipity55
    Oct 20, 2008 @ 05:50:37

    to…all great woman,

    wanita cantik melukis kekuatan lewat masalahnya, tersenyum saat tertekan, tertawa saat menangis, memberkati saat terhina….

    wanita cantik mempesona karna memaafkan, mengasihi tanpa pamrih, berkuat dalam doa dan pengharapan…karna setiap wanita cantik kepunyaan Allah…amiin…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: