past time

Beberapa kenangan kita lupakan dan beberapa kita simpan dalam pikiran. Arti, nilai, dan perasaan serta emosi terlibat pada suatu masa atau peristiwa. Masa yang disimpan dalam pikiran dan melibatkan emosi, rasa yang kuat seringkali tersimpan dalam pikiran bawah sadar.

Hal ini yang membuat beberapa orang tidak bisa melepaskan masa lalu, bahkan hidup dalam ilusi masa lalu. Keinginan untuk memendam dan kenyamanan mengingat kenangan masa lalu membuat masa lalu semakin kuat dalam alam bawah sadar. Hampir seperti suatu kebiasaan yang telah melekat dalam diri tanpa disadari. Apakah kenangan itu baik atau buruk, itu sama saja. Ia akan tersimpan jika diperkuat dengan emosi, entah itu diungkapkan dalam kesedihan maupun rasa senang.

Kadang masa lalu tetap kita pertahankan karna beberapa hal :

tak bisa menerima perubahan
tiap hari banyak hal yang berubah dalam hidup ini. Kehidupan terus bergerak. Ini adalah hal yang fitrah. Namun masih saja kebanyakan orang mengharapkan hal-hal yang sama diwaktu yang tak sama lagi. Kadang mereka kaget, kecewa, tidak percaya bahkan tidak menerima perubahan itu. Untuk orang-orang yang mempunyai tingkat fleksibilitas yang rendah, perubahan merupakan momok bagi mereka.
tidak bersedia memaafkan dan melepaskan
sebagian besar kenangan yang tersimpan dan melibatkan emosi yang kuat adalah masa-masa sulit dan meninggalkan emosi negatif. Mengapa sulit melupakannya? Sebab kita belum menyelesaikan masalah itu di masa yang lalu, belum bisa memaafkan orang yang menyakiti dan mengikhlaskan hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup kita. Tanpa disadari, tiap hari tiap tahun hal itu seperti membayangi kehidupan kita. Terus melukai dan membekas serta membuat kita negatif dan stagnan untuk melakukan beberapa perubahan dalam hidup.

Hidup dengan bayangan masa lalu, mempunyai muatan negative yang lebih besar daripada positifnya. Jika dikatakan mengingat masa lalu untuk mengambil pelajaran dari pengalaman yang kita lalui, hal itu adalah positif tapi bukan berarti setiap pelajaran dari pengalaman adalah kebenaran mutlak sebab tetap harus disesuaikan dengan perubahan saat ini. Menyikapi masa lalu dengan menempatkannya pada masanya adalah sebuah penghargaan, karna saat itulah masa kejayaannya.
Sikap terbaik menghadapi masa lalu adalah membiarkan yang lalu tetaplah berlalu, memaafkan diri kita dimasa lalu, memaafkan orang lain, menerima apa yang telah ditakdirkan saat itu, percaya bahwa kita pun telah dimaafkan oleh Allah Swt karna Ia Maha Pemaaf dan melepaskannya…

Semua mungkin tak semudah yang dikatakan tapi tak sesulit yang dibayangkan. Asal ada keinginan dan bersedia untuk menyembuhkan diri. Salah satu caranya adalah melakukan Hypnotheraphy dan Past Life Regression. Metode ini digunakan untuk mengetahui kejadian masa lalu dan emosi yang dirasakan oleh seseorang pada suatu peristiwa, lalu dengan seijin mereka, seorang terapis akan membantu mereka untuk kembali ke masa itu dan memberikan pilihan sikap positif terhadap peristiwa-peristiwa tersebut. Karna terapis akan memasuki alam bawah sadar maka diperlukan kehati-hatian dalam mengelola terapi yang akan dilakukan dan pastikan terapis yang membantu dapat dipercaya. Hal ini pun sebenarnya dapat dilakukan sendiri namun perlu dipelajari dan dilatih.

Adi w. gunawan adalah salah seorang terapis yang mempublikasikan cara ini agar mudah dipelajari. Pengen tau lebih banyak? Check it out : http://www.adiwgunawan.com. Selamat belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: